Jenis dan Contoh UMKM di Indonesia

jenis dan contoh UMKM

Jenis dan Contoh UMKM di Indonesia

Apa itu UMKM? Menurut Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 20 tahun 2008, UMKM adalah kegiatan ekonomi masyarakat dalam skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat. Apa saja jenis dan contoh UMKM yang ada di Indonesia? Baca ulasan lengkapnya, yuk.

Jenis UMKM yang Ada di Indonesia

1. UMKM Bidang Agribisnis

Jenis UMKM bidang agrobisnis adalah usaha yang bergerak di sektor pertanian dan ternak. Untuk menjalankan jenis UMKM ini, Anda dapat mulai wirausaha dengan membeli benih sayuran, kopi dan buah yang dapat Anda panen dan jual.

2. UMKM Bidang Kuliner

Jenis UMKM bidang kuliner hingga hari ini sangat banyak peminatnya dan memang masih memilih peluang besar untuk terus dikembangkan. Sebab, kuliner adalah salah satu kebutuhan dasar manusia.

Jenis bisnis ini juga lebih mampu beradaptasi terhadap tren dan perubahan. Tinggal Anda rajin atau tidak untuk mengikuti tren makanan kekinian terbaru yang sedang digemari masyarakat.

Berbekal inovasi di bidang makanan dan modal yang tidak terlalu besar, bisnis kuliner cukup menjanjikan keuntungan mengingat setiap hari orang membutuhkan makanan...

UMKM Bidang Kerajinan dan Cinderamata

3. UMKM Bidang Kerajinan dan Cinderamata

Lini bisnis yang cukup populer dari UMKM adalah produk kerajinan dan souvenir yang terbukti ampuh di masa pandemi karena mendorong para pelaku usaha kerajinan untuk terus berinovasi dan mengubah strategi pemasaran.

Bahkan cukup banyak produk kerajinan dan cinderamata yang dihasilkan dari bisnis UMKM diekspor keluar negeri. Selain itu, produk ini juga laris dipasarkan di tempat-tempat wisata yang ada di seluruh Indonesia.

4. UMKM Bidang Kebutuhan Sehari-hari

Contoh UMKM bidang kebutuhan sehari-hari misalnya warung dan toko kelontong. Bahkan ada sekitar 3 juta warung di seluruh Indonesia. Pemiliknya bisa pengusaha mikro yang berjualan di halaman rumah sampai toko yang lebih besar di pasar atau di ruko.

Contoh UMKM Bagi Anda yang Ingin Jadi Pebisnis UMKM

1. Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong menjadi salah satu contoh UMKM yang cukup populer di Indonesia. Potensi pasarnya juga cukup besar terutama bagi masyarakat yang membutuhkan produk dalam jumlah kecil.

Meskipun bersaing dengan minimarket yang jumlahnya semakin banyak, toko kelontong tetap memiliki tempat di hati masyarakat. Apalagi harga produknya bisa lebih murah dari minimarket.

Beberapa produk yang biasanya tersedia di toko kelontong, antara lain beras, gula, minyak goreng, mie instan, bahan makanan kaleng, dan lain sebagainya.

UMKM dengan Produk Kreatif dan Kerajinan Tangan

2. UMKM dengan Produk Kreatif dan Kerajinan Tangan

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang fokus pada produk kreatif dan kerajinan tangan menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan. Dalam bisnis ini, pelaku usaha bisa berkreasi dan mengekspresikan diri melalui produk-produk yang dihasilkan.

Precious One adalah contoh UMKM di Indonesia yang fokus pada produk kreatif dan kerajinan tangan. Berawal dari sebuah hobby, Precious One terus berkembang dan kini memiliki koleksi produk yang unik dan beragam.

Produk-produk Precious One dibuat dengan teknik handcrafted atau kerajinan tangan yang membuat setiap produknya memiliki nilai seni yang tinggi.

3. UMKM Bidang Teknologi

UMKM yang bergerak di bidang teknologi, khususnya pengembangan aplikasi, website, dan sejenisnya semakin banyak bermunculan di Indonesia.

Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat dan masyarakat yang semakin mengandalkan teknologi untuk berbagai keperluan.

UMKM yang bergerak di bidang teknologi biasanya dijalankan oleh para pengembang yang memiliki kemampuan teknis yang mumpuni dan berinovasi dalam menciptakan solusi teknologi yang memudahkan kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah iReap, yang merupakan perusahaan pembuat aplikasi kasir gratis untuk mendukung UMKM agar bisa melakukan pencatatan keuangan bisnis dengan lebih baik. Ingin tahu lebih banyak tentang iReap? Baca di sini: Kelebihan Aplikasi Kasir Gratis iReap.

Memang, masih banyak UMKM di bidang lain yang dapat Anda tekuni. Selama Anda terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, usaha UMKM yang Anda lakukan akan dapat berkembang pada skala yang lebih besar dan dapat berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia.

Pada pembahasan jenis dan contoh UMKM di Indonesia yang baru saja Anda baca, ada sedikit ulasan tentang Precious One. Mau tahu lebih banyak kisah pemiliknya membangun bisnis tersebut? Yuk, baca Perjalanan Bisnis UMKM Precious One dan Teman Disabilitas.

Banner-ireap

About

contact whatsapp
contact whatsapp