Home » Aplikasi » Viral Penipuan QRIS! Cek di Sini untuk Mencegahnya

Viral Penipuan QRIS! Cek di Sini untuk Mencegahnya

penipuan qris

Penipuan QRISCara cek QRIS sudah masuk apa belum, Anda bisa melihat informasi transaksi masuk di dashboard QRIS. Atau jika Anda menggunakan aplikasi kasir yang sudah terintegrasi dengan QRIS, seperti iReap POS Pro, Anda tinggal tunggu notifikasi pembayaran berhasil secara real time.

Mengapa cek status pembayaran QRIS penting? Sebab, masih banyak penipuan pembayaran QRIS hingga hari ini. Yuk, baca selengkapnya dan lakukan pencegahan agar bisnis Anda tidak mengalami rugi.

Contoh Kasus Penipuan QRIS

Beberapa waktu lalu, sempat ramai di media sosial dan media online mengenai kode QRIS palsu yang dipasang di kotak amal masjid. Cukup banyak pengguna QRIS yang terkecoh dan mengalami kerugian karena transfer ke kode QRIS palsu.

Selain kasus yang merugikan konsumen pengguna QRIS, ada lagi kasus lain dari penggunaan pembayaran QRIS yang bisa merugikan pebisnis, dalam hal ini termasuk merugikan petugas bagian kasir.

Nah, coba ingat-ingat dulu, pernah tidak ada kasir yang minta izin memfoto bukti pembayaran QRIS di smartphone Anda begitu Anda selesai melakukan transaksi?..

Beberapa alasan yang menyebabkan kasir melakukan tindakan ini, antara lain:

  • Kasir tidak bisa membuktikan apakah pembayaran sudah masuk atau tidak.
  • Tidak ada notifikasi pada aplikasi yang digunakan oleh kasir.
  • Kasir tidak bisa melakukan pengecekan pada dashboard QRIS.

Karena semua kendala di atas, satu-satunya cara yang petugas kasir lakukan hanya meminta foto bukti transfer dari smartphone customer.

Sayangnya, ini bukan cara terbaik dan jika Anda atau kasir yang bertugas mengoperasikan bisnis masih melakukan hal ini, sebaiknya segera dihentikan. Mengapa? Sebab, bukti bayar QRIS yang tampil di smartphone customer, bisa dipalsukan.

Bagi oknum penipu, apalagi yang sudah sering melakukannya, membuat bukti bayar palsu sangat mudah, dan hanya butuh beberapa detik saja.

Contoh Kasus Penipuan QRIS

Apa yang Harus Pemilik Bisnis atau Kasir Lakukan Agar Terhindar dari Penipuan QRIS?

1. Pilih dan Gunakan Layanan Aplikasi QRIS Terpercaya

Ketika memutuskan akan menyediakan metode pembayaran transaksi QRIS pada bisnis Anda, utamakan untuk memilih dan menggunakan layanan aplikasi QRIS yang terpercaya dan bisa memberikan notifikasi real time bahwa transaksi berhasil.

Tidak sekadar notifikasi. Kalau perlu lakukan testing, apakah setelah notifikasi muncul, uang sudah masuk dan benar diterima.

2. Struk Tercetak Otomatis Begitu Pembayaran Diterima

Logika sederhananya begini. Ada customer yang melakukan pembayaran dengan kartu. Kartu pun digesek di mesin EDC dan customer memasukkan PIN (bisa pula tidak menggunakan PIN).

Kasir bisa memastikan transaksi berhasil begitu struk tercetak secara otomatis. Nah, SOP ini seharusnya juga berlaku untuk metode pembayaran dengan QRIS.

Dengan catatan, aplikasi kasir yang Anda gunakan memang sudah terintegrasi dengan aplikasi QRIS.

3. Kasir Jangan Mudah Percaya Bukti Pembayaran di Smartphone Customer

Catatan penting berikutnya jika customer melakukan pembayaran menggunakan QRIS, baik melalui OVO, Gopay, LinkAja, atau QRIS dari aplikasi mobile bank, kasir jangan langsung percaya.

Bahkan tak perlu langsung percaya ketika customer menunjukkan bukti pembayaran di smartphone sudah terlihat sukses.

Lebih baik pastikan muncul notifikasi sukses dulu, baru selesaikan transaksi dan berikan barang belanjaan customer. Jika belum, sebaiknya tunggu dan cari cara untuk memastikan pembayaran sudah diterima dengan baik.

Aplikasi Kasir iReap POS Pro Cegah Penipuan QRIS

Aplikasi Kasir iReap POS Pro Pilihan Terbaik untuk Cegah Penipuan QRIS pada Bisnis Anda

Ingin bisnis Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran non tunai jenis e-wallet, seperti Gopay, OVO, DANA, LinkAJA, ShopeePay?

Atau jika Anda ingin bisa menerima pembayaran dari mobile banking serta jenis pembayaran lainnya yang sudah tergabung dalam QRIS, maka pilihlah layanan penyedia aplikasi yang aman, terpercaya, dan mudah terintegrasi dengan aplikasi kasir yang Anda gunakan.

Salah satu aplikasi kasir yang memungkinkan Anda terhindar dari penipuan QRIS, yaitu iReap POS Pro.

Saat ini, iReap POS Pro sudah bekerja sama dengan Espay sebagai Payment Gateway yang membuat Anda bisa menerima pembayaran dengan QRIS. Selain itu, sudah terintegrasi dengan iREAP POS, dapat menerima pembayaran, serta mendapat notifikasi secara otomatis dan real time.

Ingin menggunakan QRIS untuk bisnis dan dibantu proses pendaftarannya? Kontak saja tim iReap POS di support@ireappos.com atau Whatsapp 0813-8758-0123. Sementara jika Anda ingin mencoba mendaftar sendiri dan melakukan setting pembuatan QRIS, ikuti panduan berikut: Cara Membuat QRIS dan Integrasi dengan Aplikasi Kasir iReap.

Banner-ireap

About

contact whatsapp ireap pos