Mengenal Bisnis Waralaba dan Keuntungannya

Get to know Franchise Business and its advantages

Mengenal Bisnis Waralaba dan Keuntungannya

Dalam beberapa tahun belakangan ini, keuntungan bisnis waralaba alias franchise telah menjadi pilihan populer masyarakat Indonesia yang ingin memulai bisnisnya sendiri. Pasalnya, memang ada begitu banyak kemudahan yang dapat Anda rasakan dengan memilih waralaba sebagai batu pijakan usaha mandiri Anda.

Pengertian Bisnis Waralaba

Bisnis Waralaba adalah model bisnis yang dijalankan antara pemilik merek alias brand, dengan pemodal. Pihak pemilik brand ini akan memberikan hak kepada pemodal untuk menjalankan bisnis, dan termasuk di dalamnya adalah penggunaan brand/merek berdasarkan kesepakatan bersama. Dengan sistem waralaba ini, Anda sebagai pemodal akhirnya bisa langsung memulai bisnis dengan brand yang sudah mapan, sehingga Anda tak perlu lagi memikirkan strategi branding dari nol.

Baca juga: 7 Waralaba Makanan Praktis

Dalam dunia bisnis waralaba, pemilik brand disebut sebagai pewaralaba atau franchisor. Sedangkan pihak pemilik modal yang membeli brand dikenal dengan istilah terwaralaba atau franchisee. Dalam penerapannya, pihak franchisee wajib membayar biaya dalam jumlah tertentu guna mendapatkan hak usaha dari franchisor. Biaya tersebut umumnya mencakup biaya royalti, pengadaan barang dan peralatan pendukung bisnis, bahan baku, dan sebagainya.

Kelola Bisnis Franchise dengan Aplikasi Kasir iReap POS

Keunggulan Menjalankan Usaha Waralaba

Dengan menjalankan bisnis waralaba, Anda bisa menikmati beberapa keuntungan utamanya, seperti yang dijelaskan berikut ini.

  • Manajemen bisnis sudah stabil.

    Lain halnya dengan membangun usaha dan brand sendiri dari nol, sistem yang ada di dalam waralaba memungkinkan Anda untuk langsung menjalankan bisnis yang manajemennya sudah siap, jelas, rapi, dan matang. Dengan demikian, bisnis yang dijalankan pun lebih stabil baik dari segi manajemen internalnya maupun segmen yang menjadi pasarnya. Hal ini juga berarti bahwa strategi bisnis yang dijalankan pun telah disusun oleh tim manajemen franchisor dan merupakan strategi yang berkelanjutan.

    Baca juga: Tips Memulai Waralaba Minuman

  • Brand bisnis yang sudah dikenal di tengah masyarakat.

    Ketika Anda memulai bisnis sendiri, strategi branding yang Anda terapkan harus dijalankan mulai dari nol – penentuan brand, tagline, logo, hingga bagaimana membangun brand awareness dan loyalitas pasar terhadap brand Anda. Sedangkan dengan menjalankan usaha waralaba, Anda pun bisa menjalankan bisnis yang bukan hanya stabil, tapi juga sudah memiliki brand yang solid. Dengan begitu, sebagai franchisee Anda pun hanya perlu fokus menjalankan usaha dan meraup keuntungan sejak awal, kan?

  • Kerja sama yang jelas sejak awal.

    Dengan membeli hak untuk menjalankan bisnis dengan brand yang dimiliki franchisor, Anda bisa menikmati keuntungan lewat kerja sama yang sudah terbangun dengan jelas dan solid dengan pihak franchisor, terutama dalam hal operasional. Sebagai contoh, bahan baku, iklan, hingga pemasaran semuanya telah diurus oleh pihak franchisor. Tentunya hal ini pun bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya Anda dalam menjalankan bisnis, kan? Bukan hanya itu saja, pihak franchisor bahkan umumnya juga menyediakan pelatihan manajemen bagi franchisee sebagai salah satu bentuk dukungan yang diberikan.

    Baca juga: Pengertian Waralaba dan 4 Kendala Waralaba Akibat Covid-19

  • Peluang kesuksesan yang lebih menjanjikan dan cepat.

    Menjalankan bisnis waralaba juga berarti peluang sukses yang lebih mudah dan cepat. Salah satu faktornya adalah brand yang ditawarkan merupakan brand yang sudah populer dan familier di tengah masyarakat, sehingga bisnis Anda pun bisa langsung mampu menarik pelanggan, bahkan dengan strategi pemasaran dan promosi yang minim sekalipun dari pihak Anda sebagai franchisee. Pasalnya, sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, urusan pemasaran dan promosi hingga branding sudah ditangani oleh pihak franchisor. Intinya, Anda hanya perlu jalankan dan kembangkan bisnis Anda agar keuntungan yang diraih semakin meningkat.

  • Pengelolaan finansial yang lebih mudah.

    Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh usaha waralaba adalah kemudahan dalam manajemen atau pengelolaan finansial. Dengan adanya sistem manajemen finansial yang sudah diatur dan ditetapkan oleh pihak franchisor, Anda pun tak perlu lagi harus pusing memikirkan urusan finansial dari nol, sebagaimana yang harus Anda alami jika Anda malah memilih untuk memulai bisnis dari nol.

Download iREAP POS Lite
Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu bisnis waralaba serta berbagai keunggulan utama yang bisa Anda rasakan dengan memilih alternatif bisnis yang satu ini. Semoga informasi di atas bermanfaat, terutama dalam membantu Anda memilih dan mengembangkan usaha mandiri Anda sendiri, ya!

iReap POS Pro Membantu Memonitor Toko Anda yang Tersebar