10 Rahasia Sukses Bisnis Minimarket

rahasia sukses bisnis minimarket

Rahasia Sukses Bisnis Minimarket

Ada banyak cara agar usaha minimarket dapat memperoleh keuntungan, misalnya dengan layout ruangan minimarket yang menarik dan nyaman serta promo produk secara berkala. Selain itu, Anda juga perlu memastikan harga yang tertera di rak sama dengan di kasir, serta pajang produk yang disukai anak di rak yang mudah terlihat. Yuk, baca di sini rahasia sukses bisnis minimarket untung besar selengkapnya.

10 Rahasia Sukses Bisnis Minimarket Untung Besar

1. Layout Ruangan Menarik, Rapi, dan Nyaman

Ruangan yang nyaman dengan penataan produk yang rapi dan mudah ditemukan menjadi syarat pertama untuk mendatangkan keuntungan. Karena hal ini akan mempengaruhi pelanggan untuk datang dan berbelanja di minimarket Anda. Apalagi kalau di dalam ruangan minimarket juga berpendingin udara, yang membuat pelanggan ingin mampir ketika sedang dalam perjalanan (terutama ketika siang hari, hanya demi mendinginkan suhu tubuh yang kepanasan kena terik matahari).

2. Promo Produk secara Berkala

Hampir semua orang, terutama wanita dan ibu rumah tangga, senang dengan produk yang sedang promo. Malah adanya potongan harga membuat mereka jadi berbelanja lebih banyak produk dari biasanya.

Untuk itu, selenggarakan promo produk secara berkala, bahkan Anda bisa juga membuat jadwal promo berdasarkan hari. Misalnya: hari Rabu khusus untuk promo susu, hari Kamis promo produk sembako, dan seterusnya. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan jumlah penjualan yang berdampak pada peningkatan keuntungan. Oh ya, tapi ingat. Menurunkan harga agar bisa membuat promo harus dihitung baik-baik agar tidak sampai membuat Anda rugi.

3. Pastikan Harga yang Tertera di Rak Sama dengan di Kasir

Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk pencantuman harga produk pada display, dan pastikan harga tersebut sesuai dengan harga yang tertera pada mesin kasir. Kalau ada perbedaan, dan pelanggan mengetahui hal ini, mereka bisa kecewa dan akhirnya tak mau lagi beli kebutuhan di minimarket Anda.

4. Pajang Produk yang Disukai Anak di Rak yang Mudah Terlihat

Pajang Produk yang Mudah Terlihat

Salah satu trik untuk menjual lebih banyak barang bisa dengan cara membidik target konsumen anak-anak. Biasanya, orang tua akan luluh ketika anaknya meminta suatu produk yang anak sukai.

Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan memajang produk di rak yang mudah anak-anak lihat. Misalnya, meletakkan permen, cokelat, snack yang banyak disukai anak, ice cream, atau mainan di rak dekat meja kasir, rak dekat pintu masuk, atau rak yang paling sering terlihat ketika pelanggan memasuki minimarket.

5. Lengkapi Produk Kebutuhan Wanita

Mayoritas orang yang belanja di minimarket adalah wanita. Apalagi jika berhubungan dengan belanja bulanan dan belanja kebutuhan rumah tangga. Anda bisa melengkapi berbagai produk kebutuhan wanita di salah satu rak, mulai dari pembalut, produk perawatan kulit, lipstik, bedak, dan sebagainya. Rata-rata wanita akan membeli salah satu produk tersebut ketika mereka berbelanja ke minimarket.

6. Pasang Banner Promosi di Depan dan Mudah Terlihat Konsumen

Untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan lebih banyak keuntungan, Anda bisa memasang banner promosi di bagian depan toko, atau di area yang terlihat oleh pelanggan saat mereka melewati minimarket. Ketika mereka melihat produk yang mereka gunakan sedang promo, pelanggan bisa saja tergoda untuk mampir, kemudian membeli produk promo tersebut.

7. Adakan Event Belanja Hemat

Adakalanya Anda menemukan cukup banyak produk yang perputarannya lambat. Akibatnya, modal Anda pun jadi lambat pula untuk mendatangkan keuntungan. Daripada membiarkan produk ini diam lama di rak dan akhirnya malah expired, lebih baik buat event belanja hemat saja.

Caranya, Anda data dulu seluruh produk yang tidak terlalu laku ini. Cari tahu harga modalnya (harga pokok penjualan). Anda bisa menambahkan sedikit keuntungan dari harga tersebut, namun harga yang baru harus jauh lebih rendah dari harga jual seharusnya. Kemudian, pajang produk-produk ini persis di depan pintu masuk dan tambahkan keterangan kalau produk sedang diskon besar dan hanya berlaku untuk waktu tertentu, misalnya hanya berlaku selama satu minggu).

Dengan menyelenggarakan event belanja hemat seperti ini, harapannya produk yang kurang laku tersebut bisa cepat habis. Walaupun keuntungan yang Anda dapatkan sangat kecil, namun uang modalnya bisa Anda belikan lagi untuk produk lain yang lebih laku dan lebih cepat habis.

8. Sebar Brosur ke Rumah-Rumah di Sekitar Minimarket

Sebar Brosur Promosi

Menyebarkan brosur ke rumah-rumah merupakan salah satu bentuk pemasaran konvensional yang sudah mulai ditinggalkan pebisnis. Apalagi ada biaya tambahan untuk cetak brosur yang tidak murah. Meski begitu, cara ini masih bisa membantu Anda meningkatkan penjualan dan mendatangkan keuntungan.

Untuk memaksimalkan dampak dari penyebaran brosur, Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon minimarket atau media sosial. Tujuannya, agar pelanggan bisa melakukan pemesanan dan pembelian produk via Whatsapp atau telepon. Tren belanja dari rumah masih tinggi, dan Anda bisa berpartisipasi menyediakan layanan ini agar pelanggan tetap bisa belanja online di minimarket Anda.

9. Promosi di Media Sosial dan Sediakan Layanan Pesan Antar

Hampir mirip dengan poin 8, namun media yang Anda gunakan adalah media sosial. Cara ini lebih murah dan mudah, karena Anda tidak perlu cetak brosur. Anda cukup memaksimalkan promosi di media sosial dan sediakan layanan pesan antar agar bisa melayani pesanan pelanggan dengan lebih cepat. Selain itu, tersedianya layanan pesan antar ini juga membuat pelanggan jadi senang berbelanja di minimarket Anda.

10. Manajemen yang Baik dan Gunakan Teknologi

Jika ingin bisnis minimarket yang Anda jalankan bisa mendapatkan banyak keuntungan dan meraih sukses, maka Anda harus menerapkan manajemen dan pengelolaan bisnis yang baik. Tidak hanya mengelola pelanggan, tetapi juga harus mengelola keluar masuk uang dan stok barang.

Agar memudahkan pengelolaan bisnis secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan teknologi, seperti menggunakan aplikasi kasir atau software untuk minimarket. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda jadi lebih mudah mencatat penjualan, mengelola data pelanggan, membuat laporan keuangan, bisa langsung tahu laba/rugi, bahkan lebih mudah mengawasi dan mengelola stok barang.

Ingin bisnis minimarket yang Anda kelola bisa sukses dan mendapatkan lebih banyak keuntungan? Yuk, terapkan 10 rahasia sukses bisnis minimarket di atas. Selamat mencoba dan semoga sukses menghampiri Anda tahun ini.

Banner-ireap-lite-free