8 Panduan Memilih Program Kasir Gratis Terbaik

8-panduan-memilih-program-kasir-terbaik

8 Panduan memilih program kasir terbaik

Untuk perkembangan bisnis Anda, apapun jenisnya tentu harus memiliki setidaknya program kasir gratis guna menunjang perjalanan usaha Anda. Dengan memakai aplikasi kasir berkualitas, Anda dapat memperoleh data secara lengkap sehingga bisa membantu menentukan langkah strategi berikutnya. Namun pertanyaannya, di era digital seperti sekarang ini, apakah Anda sudah memakai aplikasi kasir untuk usaha?

Anda juga tidak perlu khawatir tidak dapat mengoperasikannya sebab inovasi aplikasi kasir sudah terbukti bisa mempermudah sekaligus membuat proses transaksi lebih praktis. Bagi yang belum familier dengan teknologi digital, memilih program kasir sederhana gratis memang sangat membingungkan.

Mengingat ada banyak pilihan aplikasi kasir, jangan sampai sebagai pemilik bisnis Anda mempercayakan usaha ke penyedia software yang belum terbukti kinerjanya. Maka dari itu, demi membantu Anda mendapatkan aplikasi/software kasir terbaik, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti di bawah ini!

Panduan Memilih Aplikasi Kasir Gratis Full Version

    1. Kenali Kebutuhan Anda Terlebih Dahulu

      Keunggulan menggunakan aplikasi kasir biasanya yaitu menawarkan banyak fitur. Setiap aplikasi biasanya menawarkan fitur andalannya. Akan tetapi, sebelum Anda memilih software kasir yang tepat untuk bisnis, maka sebaiknya kenali apa yang Anda butuhkan terlebih dahulu.

      Buat daftar pendek yang berisi tentang harapan bisnis Anda. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak kebingungan memilih software kasir toko baju (jika usaha Anda berkaitan dengan toko pakaian). List ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu ciri atau kriteria untuk memilih aplikasi terbaik.

      Saat menyusun list tersebut, alangkah baiknya Anda mengurutkannya menurut prioritas. Jadi, harus ada kriteria-kriteria yang wajib dan tidak dapat dikompromikan.

    2. Menawarkan Fitur-fitur Krusial Dalam Berbisnis

      Ada banyak fitur-fitur yang ditawarkan dalam aplikasi untuk kasir yang bisa membantu kebutuhan operasional usaha Anda. Terutama bagi usaha retail dan F&B yang menawarkan kebutuhan fitur seperti yang terdapat pada aplikasi kasirnya. Supaya Anda tidak bingung, ada beberapa macam fitur yang harus benar-benar diperhatikan.

      Salah satu fitur tersebut diantaranya layanan pencatatan yang terperinci. Pencatatan tersebut juga bervariasi, seperti pencatatan transaksi penjualan, transaksi pembelian atau yang keluar, rekap data penjualan dan stok barang di Gudang.

      Hal-hal seperti ini sebelumnya harus dilakukan dengan cara manual, menggunakan buku. Namun untuk mengimbangi teknologi digital seperti sekarang ini, tentu sudah ketinggalan zaman rasanya jika Anda masih melakukan pencatatan di buku.

      Hal ini dikarenakan, ada banyak sekali kekurangan yang sering dijumpai saat melakukan pencatatan secara manual. Seperti ketidakpraktisan, rawan hancur/hilang, terbakar sampai bisa saja terjadi human error.

      Maka dari itu, kini sudah saatnya untuk beralih memanfaatkan teknologi digital untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya masalah-masalah tersebut.

    3. Pilih Aplikasi yang User Friendly (Mudah Digunakan)

      Program kasir gratis terbaik tentu saja hadir untuk mempermudah para pemilik usaha, namun jika cara penggunaannya saja sudah sulit, tidak bisa dikatakan memudahkan pekerjaan Anda. Maka dari itu, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan saat memilih aplikasi kasir ini.

      Kriteria yang pertama, pastikan aplikasi yang dipilih bisa mempermudah Anda untuk mengakses semua fiturnya dengan cepat dan mudah. Jika urutan langkahnya saja terlalu rumit saat mengaksesnya, artinya aplikasi kasir tersebut tidak mempunyai antarmuka yang dikatakan baik.

      Kriteria kedia ialah responsif. Maksudnya ialah aplikasi ini cukup cepat merespons instruksi dari Anda. Jangan lupa, aplikasi yang tidak responsif bukan berarti hanya dipengaruhi oleh kondisi hardware-nya saja. Tetapi software-nya pun mempunyai andil besar untuk menentukan kemampuan sebuah aplikasi agar berjalan dengan cepat.

    4. Terkoneksi ke Cloud

      Tidak hanya ponsel saja yang memerlukan koneksi internet, namun mesin Kasir juga demikian. Hal ini dikarenakan software kasir berkualitas yang dapat dipilih harusnya sudah mendukung teknologi penyimpanan cloud untuk kemudahan dan kenyamanan Anda.

      Bagi yang kurang paham, teknologi cloud tersebut memungkinkan aplikasi untuk kasir Anda dapat mengunggah semua data transaksi ke dalam server, dimana semua data tersebut dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

      Teknologi cloud juga sangat mempermudah Anda untuk memantau jalannya transaksi per hari, per minggu, per bulan sampai tahunan tanpa harus mendatangi toko Anda setiap saat.

    5. Cari yang Mendekatkan Anda ke Pelanggan

      Tidak sedikit usaha yang sukses dibangun berdasarkan kepercayaan yang terjadi antara penjual dengan konsumen. Saat kepercayaan sudah terjalin kuat, tentu Anda tidak hanya mempunyai pelanggan yang loyal saja tetapi juga memiliki komunitas tersendiri.

      Selain itu komunitas tersebut juga bisa membesar, sehingga menjadikan bisnis Anda pun semakin ramai. Tidak hanya memberikan pelayanan profesional saja, tetapi juga cara lainnya agar semakin dekat dengan konsumen ialah dengan menawarkan loyalty program.

      Melalui program ini, pemilik usaha dapat menerapkan promo atau diskon khusus hanya bagi para pelanggan yang setia saja. Adapaun cara untuk menentukan pelanggan atau pembeli setiap adalah bisa dilihat dari catatan yang ada di aplikasi kasir. Apalagi jika data-data yang tercatat saling terhubung antara satu dengan yang lain.

    6. Fitur Keamanan

      Anda harus tahu bahwa aplikasi kasir merupakan pencatat keuangan bisnis handal Anda. Software inilah yang menyimpan data-data rahasia, dimana seharusnya tidak dapat diakses semua orang, sekalipun oleh karyawan Anda sendiri. Maka dari itu, Anda sebaiknya memilih software yang dapat menjamin keamanan data.

    7. Pastikan Harga Aplikasi Sesuai Anggaran

      Tips paling krusial lainnya ialah pastikan harga aplikasi yang ditawarkan sesuai dengan budget atau anggaran Anda. Di dunia ini biasanya Anda hanya dapat memperoleh 2 dari 3 aspek ideal. Jika harganya murah, tentu fitur dan layanannya kurang. Namun sebaliknya, jika fitur dan layanannya juara tentu harganya pun akan lebih tinggi. Karena itu, disarankan untuk kembali lagi ke kebutuhan paling mendasar.

      Selain itu, Anda juga bisa ambil jalan tengahnya, yaitu dengan memilih harga yang cukup terjangkau, layanan dan fiturnya pun dirasa cukup untuk keperluan usaha Anda. Maka dari itu, carilah yang jual aplikasi kasir toko dengan harga dan value terbaik. Jika aplikasi kasir yang dipilih memang berpotensi untuk membantu usaha Anda dapat berkembang lebih lagi, maka tidak ada salahnya Anda berinvestasi.

    8. Pilih yang Memiliki Reputasi Baik

      Reputasi sejatinya adalah wajah dari perusahaan aplikasi itu sendiri. Sesudah membuat catatan daftar singkat berisi software aplikasi pilihan Anda selanjutnya yang harus diperhatikan ialah rekam jejak tiap-tiap aplikasi itu sendiri.

      Di zaman sekarang ini, dimana perkembangan teknologi sudah semakin pesat semua hal terekam secara abadi dalam dunia maya. Dengan demikian, Anda bisa menemukan semua keluhan dengan mudah yang ditujukan ke penyedia aplikasi kasir secara digital.

      Anda bisa melihat review atau testimoni dari para pengusaha yang sudah pernah menggunakan layanan aplikasi tersebut. Carilah review dari pengusaha dengan bisnis serupa karena dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai kecocokan aplikasi kasir sesuai kebutuhan Anda.

Nah, jika Anda sedang mencari program kasir gratis dengan menawarkan kriteria-kriteria di atas sesuai yang dibutuhkan, Anda bisa memilih iReap Pos Pro. Aplikasi ini bisa mengatur toko atau usaha Anda kapanpun dan dimanapun dengan manajemen penyimpanan data di cloud, sehingga keamanannya sudah terjamin. Jadikan iReap Pos Pro sebagai penunjang perkembangan bisnis Anda atau Download aplikasi nya.

download iREAP POS PRO
Aplikasi kasir untuk usaha mikro kecil menengah

About

contact whatsapp
contact whatsapp