13 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Penghasilan Tambahan

bisnis-online-tanpa-modal

13 Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis online tanpa modal apa saja? Ada banyak jenis bisnis online yang bisa Anda mulai tanpa modal, seperti menjadi content creator, admin media sosial, affiliate marketing, digital marketer, influencer, penerjemah bahasa, blogger, dan sebagainya.

Semua bisnis online tersebut bisa Anda jalankan tanpa modal. Bahkan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, atau siapa pun Anda, yang ingin punya penghasilan tambahan, bisa punya bisnis sendiri. Nah, baca artikel ini, yuk, untuk tahu 13 ide bisnis online tanpa modal yang bisa jadi sumber penghasilan tambahan.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Kebanyakan orang yang ingin memulai bisnis khawatir dengan berapa modal yang harus disediakan. Itu dulu ya. Kalau di era digital seperti sekarang, sudah terbuka lebar peluang dalam berbisnis karena ada banyak bisnis yang bisa Anda mulai meski Anda belum punya modal.

Cukup pakai HP, smartphone, komputer / laptop, yang terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa punya toko sendiri, berjualan online, atau menjalankan jenis bisnis online lainnya.

Ini berlaku pula bagi Anda yang masih pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan. Di sela waktu luang, Anda bisa menjalankan bisnis Anda dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Kunci untuk memiliki berbagai ide bisnis dan mencapai kesuksesan dalam berbisnis juga bisa Anda pelajari, misalnya:

  • Membaca banyak buku dan artikel mengenai cara mendapatkan penghasilan tambahan, ide bisnis online, atau cara memulai dan mengembangkan bisnis.
  • Mengikuti situs informatif yang banyak membahas tentang tips menjalankan bisnis, ide bisnis, cara mengelola keuangan bisnis, dan sebagainya, seperti iReap News.
  • Anda juga bisa mendengarkan Spotify atau Podcast, bahkan menonton YouTube dari para pakar bisnis mengenai rekomendasi bisnis online tanpa modal yang aman dan terpercaya.

Cara lain untuk mendapatkan ide bisnis online tanpa modal, Anda bisa melanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

13 Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

1. Dropshipper

Bagi Anda yang sering berbelanja online, tentu tak asing lagi dengan istilah dropship. Dropship adalah jenis usaha tanpa modal yang bisa Anda jalankan dengan cara menjualkan barang orang lain secara online.

Nanti pelanggan menerima barang atas nama toko Anda, namun pengirim produknya adalah pihak lain (pemilik produk). Dengan kata lain, Anda tak perlu punya stok barang untuk bisa berjualan.

Ide bisnis online menjadi dropshipper cukup menjanjikan, menguntungkan, mudah dijalankan, dan bisa Anda mulai dengan bermodalkan smartphone yang terhubung ke internet.

Cara kerjanya, Anda membantu pemilik toko lain atau pemilik produk untuk menjualkan barang mereka. Keuntungan yang Anda dapatkan berupa selisih antara harga jual dan harga beli produk. Meski terlihat mirip dengan reseller, tetapi tetap ada perbedaan antara reseller dan dropshipper.
Jadi, bagaimana cara memulai bisnis dropship? Berikut langkah-langkahnya:

  • Cari dan temukan barang yang laris dan ingin Anda jual.
  • Buat toko online Anda sendiri. Bisa dengan membuat akun di situs e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya.
  • Atur tata letak produk yang mau dijual beserta deskripsi lengkap tiap produk.
  • Buat akun media sosial dan mulailah mempromosikan bisnis online Anda.
  • Jika ada pesanan produk dari pelanggan dan sudah menerima pembayaran, lakukan order ke pemilik produk, sehingga mereka bisa mengirimkan produk ke pelanggan Anda.

2. Affiliate Marketing

Bisnis afiliasi hampir sama dengan dropshipping, yaitu sama-sama jenis bisnis online tanpa modal di mana Anda perlu mempromosikan dan menjualkan produk pihak lain.

Perbedaannya, bukan keuntungan dari selisih harga produk yang akan Anda dapatkan sebagai penghasilan, namun berupa komisi yang besarnya berdasarkan kesepakatan, antara 25% – 35%.

Untuk menjalankan bisnis affiliate marketing, Anda bisa memulainya dengan menggunakan komputer, laptop, atau ponsel yang terkoneksi dengan internet. Setelah itu, daftarkan diri Anda dalam program afiliasi.

Kalau sudah disetujui, baru Anda bisa menawarkan produk, jasa, atau layanan bisnis kepada pelanggan menggunakan link afiliasi yang sudah disediakan.

Keuntungan dari bisnis ini berupa komisi atau reward berdasarkan jumlah pembelian produk yang berasal dari link afiliasi atau kode kupon yang Anda bagikan.

Beberapa contoh cara menjalankan ide bisnis affiliate marketing, antara lain:

  • Membuat website yang membahas produk-produk tertentu, dan menyediakan link afiliasi yang mengarah ke e-commerce atau product page, sehingga konsumen bisa melakukan pembelian secara langsung.
  • Membuat video review atau unboxing suatu produk di YouTube. Lalu Anda bisa mencantumkan link afiliasi dalam deskripsi video.
  • Membuat akun media sosial yang mempromosikan produk-produk tertentu, dan menyediakan link afiliasi dalam bio atau pada caption.
  • Membuat aplikasi atau game yang menyediakan link afiliasi dalam aplikasi tersebut.

Agar sukses menjalankan bisnis online dengan sistem affiliate marketing, Anda perlu rajin mempromosikan bisnis sehingga ada banyak orang yang melakukan pembelian produk dari link afiliasi Anda.

3. Content Creator

Untuk menjadi content creator, Anda bisa memanfaatkan laptop atau komputer yang ada di rumah. Kalau tidak ada, pakai ponsel pun sudah bisa jadi content creator.

Selain itu, Anda perlu punya kemampuan membuat konten yang menarik. Bentuk kontennya bisa berupa teks, gambar, video, atau audio.

Ada banyak industri yang membutuhkan content creator, seperti media, marketing, hiburan, pendidikan, dan teknologi informasi.

Kebutuhannya biasanya untuk membuat konten, materi iklan, video, atau artikel website. Itu sebabnya, menjalankan ide bisnis ini masih berpeluang besar mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Jika satu konten seharga 50 ribu – 100 ribu, maka kalau Anda membuat 100 konten per bulan, sudah bisa mendapatkan minimal Rp1.000.000,-

Harga konten juga bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan, jenis konten, dan kualitasnya. Untuk content creator berpengalaman dengan hasil kerja yang bagus, bisa mendapatkan hingga 500 ribu per konten.

Bisnis Online Sebagai Admin Media Sosial

4. Admin Media Sosial

Ide bisnis online tanpa modal berikutnya yang bisa Anda coba, yaitu menjadi admin sosial media.

Tugasnya beragam, mulai dari membuat dan mengelola konten, melakukan penjadwalan publikasi konten, mengelola komentar, iklan, menciptakan dan membangun interaksi dengan followers, hingga melakukan analisis performa tiap konten yang tayang di media sosial.

Modal utama untuk menjalankan bisnis ini, kreativitas yang tinggi, punya banyak ide inovatif, bisa berkomunikasi dengan baik, dan minimal punya skill desain dasar untuk membuat konten yang bagus.

Selain itu, harus punya HP pribadi atau laptop. Kadang, ada perusahaan yang menyediakan HP khusus untuk admin sosial media.

5. Kursus Online dan Les Privat Online

Kursus online semakin banyak peminatnya sejak masa pandemi lalu. Bahkan para pelajar juga banyak yang sudah terbiasa mengikuti kursus online maupun les privat online.

Ini bisa jadi ide bisnis online yang menjanjikan keuntungan, selama Anda juga punya kemampuan mengajar pada bidang tertentu.

Contoh kursus online yang bisa Anda jalankan: menjadi guru les privat online untuk siswa SD sampai SMA, menjadi pengajar di platform kursus online untuk mata pelajaran tertentu dengan sistem gaji atau bagi hasil.

Cara lain, Anda juga bisa membuat kursus online sendiri dengan membuat website berbasis WordPress dan dilengkapi dengan Learning Management System (LMS).

6. Digital Marketer

Berprofesi sebagai digital marketer juga bisa jadi ide bisnis menjanjikan tahun ini. Sebab, banyak brand yang membutuhkan jasa digital marketing untuk melakukan promosi, pemasaran, mendapatkan pelanggan, meningkatkan penjualan, atau mencapai tujuan marketing lainnya.

Untuk bisa menjadi seorang digital marketer, Anda harus punya keahlian menggunakan semua channel digital untuk menerapkan strategi marketing, seperti media sosial, website, email marketing, Google ads, search engine marketing, bahkan SEO.

Selain itu, Anda bisa bekerja sebagai freelance, menjalankan bisnis agensi dengan tim digital marketing yang lengkap, atau bekerja sebagai karyawan di perusahaan.

7. Jasa SEO Website

Jika memiliki keahlian untuk melakukan optimasi pada suatu situs web sesuai dengan teknik SEO, maka Anda bisa membuka jasa SEO atau Search Engine Optimization.

Umumnya, pengguna jasa SEO adalah pemilik website, toko online, website brand, dan sebagainya.

Target pekerjaan yang harus dicapai bisa berupa peningkatan traffic organic, penambahan jumlah user, mendatangkan lebih banyak leads, dan meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

Jasa SEO juga harus bisa membantu website mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari, melakukan riset keyword, audit konten, audit technical SEO, dan sebagainya.

8. Menjadi Blogger

Profesi blogger juga termasuk dalam bisnis online. Sebab, tulisan yang Anda buat di blog bisa untuk promosi bagi bisnis lain.

Otomatis Anda pun bisa mendapatkan penghasilan dari kerja sama tersebut. Artinya, ketika ada brand yang membutuhkan review positif, penulisan artikel promosi untuk meningkatkan brand awareness dan sebagainya, mereka harus mengajak Anda bekerja.

Harga untuk kerja sama tergantung kesepakatan, sekitar 250 ribu – 500 ribu. Sementara kalau performa blog dan traffic Anda tinggi, maka harga satu tulisan blog bisa lebih dari satu juta rupiah.

Selain bekerja sama dengan brand, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari Google ads, pemasangan jenis iklan berbentuk banner, atau bisa pula mengikuti program afiliasi.

9. Social Media Influencer

Social media influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh di media sosial melalui konten yang ia posting.

Jika ingin menjadi seorang social media influencer, Anda perlu membuat dan mengembangkan media sosial untuk memiliki banyak konten menarik dan bermanfaat. Dengan cara ini, perlahan ada banyak follower yang mengikuti Anda.

Penghasilan yang Anda dapatkan sebagai social media influencer bisa berasal dari endorsement produk, kolaborasi bikin konten, diundang mengikuti event dari brand, menjadi brand ambassador, unboxing produk, dan sebagainya.

Seorang social media influencer biasa mendapatkan penghasilan yang besar. Misalnya untuk influencer di YouTube sudah banyak yang mendapatkan penghasilan hingga US$12 ribu dengan pengikut 100-500 ribu. Sementara influencer Instagram ada yang berpenghasilan US$ 5 ribu, influencer Facebook mencapai lebih US$6 ribu, dan influencer Twitter sekitar US$ 2 ribu.

Total penghasilan tersebut tentunya akan bertambah seiring bertambahnya pengikut dan viewers. Lagi cari ide bisnis online tanpa modal? Cobain saja jadi social media influencer.

Bisnis Online Sebagai Penerjemah

10. Penerjemah Bahasa Asing

Jika memiliki kemampuan berbahasa asing, baik secara verbal maupun tulisan, Anda bisa menawarkan jasa penerjemahan secara online. Ide bisnis online yang satu ini masih banyak pasarnya lho.

Anda bisa menerjemahkan berbagai buku maupun literatur dari berbagai bahasa menjadi bahasa Indonesia, menerjemahkan film dan drama, dokumen berbahasa asing untuk perusahaan dan instansi, dan masih banyak lagi.

Agar reputasi Anda sebagai penerjemah bahasa semakin diakui, miliki sertifikat pendukung. Selain itu, perluas jaringan pertemanan dan koneksi, serta tak segan meminta teman untuk merekomendasikan bisnis Anda. Atau bergabung saja dengan komunitas penerjemah, seperti Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI).

11. Bisnis Membuat Website

Bagi Anda yang ahli dalam bidang coding dan pembuatan website, bisa banget memulai bisnis dengan memanfaatkan keahlian tersebut.

Apalagi saat ini ada banyak orang yang membutuhkan website, baik untuk personal branding, untuk keperluan bisnis, untuk menerapkan strategi pemasaran, atau bahkan untuk membuat e-commerce.

Agar banyak orang kenal dengan diri Anda dan kemampuan Anda dalam membuat website, buatlah website pribadi terlebih dahulu.

Gunakan website ini sebagai identitas bisnis dan media promosi. Kemudian bangun branding, dan mulailah mempromosikan jasa Anda. Jangan lupa, tetap belajar, termasuk membuat website buatan Anda memiliki performa yang bagus di mesin pencari.

12. Berkarir Sebagai YouTuber

Anda bisa memperoleh penghasilan dengan meng-upload video di Youtube, menerima jasa endorsement atau unboxing, atau mendapatkan penghasilan dari YouTube ads.

Bahkan mulai Februari 2023 ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari membuat video pendek untuk YouTube short.

Memulai ide bisnis online yang satu ini tidak membutuhkan modal. Cukup manfaatkan smartphone yang sudah dilengkapi kamera, laptop jika ada, dan jaringan internet.

Setelah itu, Anda tinggal mencari berbagai ide yang unik dan kreatif, dan mengeksekusi ide tersebut menjadi video.

Tahu tidak, Gen Halilintar dulunya juga bikin video dan melakukan edit video hanya menggunakan smartphone sebelum mereka terkenal.

Nanti sejalan dengan waktu dan bertambahnya penghasilan Anda dari YouTube, Anda bisa mulai membeli dan melengkapi peralatan Anda. Hal utama yang perlu Anda miliki untuk bisa menjadi YouTuber sukses, yaitu percaya diri, kreatif, keterampilan editing video, serta semangat yang tinggi dan pantang menyerah.

13. Penulis Freelance

Ide bisnis online berikutnya yang bisa Anda coba tanpa modal, bahkan bisa melalui ponsel saja, ya jadi penulis freelance.

Dengan catatan, Anda memiliki kemampuan menulis yang bagus, berpengetahuan luas, serta paham berbagai gaya tulisan.

Di saat yang sama, lengkapi keahlian Anda untuk dapat membuat content marketing. Mengapa? Sebab saat ini banyak industri dan website perusahaan yang membutuhkan penulis-penulis artikel berkualitas untuk website mereka.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bergabung di komunitas penulis freelance, bergabung di platform freelancer, melakukan promosi sendiri, membangun personal branding, dan sebagainya. Kesuksesan bisnis ini juga terletak pada kualitas tulisan, portofolio, dan jaringan yang luas.

Bisnis apa pun yang Anda mulai akan punya peluang tersendiri untuk mencapai sukses. Hal penting yang perlu diingat, Anda perlu memiliki semangat dan pantang menyerah. Jika perlu siapkan berbagai perangkat yang memudahkan Anda menjalankan bisnis, misalnya menggunakan aplikasi mencatat keuangan bisnis.

Oh ya, kalau Anda termasuk orang yang punya kreativitas tinggi, terampil membuat berbagai produk kerajinan, coba baca di artikel berikutnya deh, siapa tahu ada ide bisnis kreatif yang cocok untuk Anda. Cek di sini ya: 15 Ide Usaha Kreatif Kekinian untuk Milenial Modal Kecil.

Banner-ireap-pro

About

contact whatsapp
contact whatsapp