Home » Strategi Marketing / Bisnis » Dropship: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Dropship: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

dropship adalah

Dropship: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Dropship adalah salah satu cara yang memungkinkan siapa pun bisa memiliki bisnis sendiri. Bahkan saat tidak punya modal dan stok barang pun, Anda tetap bisa berjualan online berbagai produk laris.
Yuk, baca penjelasan lengkap tentang pengertian dropship, cara kerja, dan manfaatnya di artikel iReap POS kali ini.

Apa yang Dimaksud dengan Dropship?

Dropship adalah model bisnis di mana Anda bisa berjualan berbagai macam produk tanpa harus memiliki stok barang. Artinya, Anda cukup menjualkan produk milik supplier, distributor, atau seller lain melalui media sosial, e-commerce, atau marketplace.

Ketika ada konsumen yang melakukan pembelian, Anda tinggal memesankan dan membayar produk sesuai pesanan konsumen kepada pemasok. Setelahnya, supplier atau pemasok akan melakukan pengemasan dan pengiriman produk kepada pembeli atas nama toko online Anda.

Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang pengelolaan stok barang, proses penyimpanan, bahkan tidak lagi mengurusi masalah pengemasan dan pengiriman produk pesanan konsumen. Anda bisa fokus hanya pada kegiatan promosi dan penjualan.

Cara Kerja Dropship

Cara Kerja Dropship

Agar lebih memahami apa itu dropship, lanjutkan membaca langkah-langkah dan cara kerja dropship berikut ini:

1. Memilih Produk dan Pemasok

Untuk menjadi dropshipper, Anda perlu menentukan produk apa saja yang laris dan ingin Anda jadikan produk unggulan yang Anda jual. Pastikan produk yang Anda jual juga sesuai dengan tren dan target market yang mau dibidik ya.

Kemudian, coba identifikasi pemasok barang terpercaya, baik supplier, distributor, atau seller lain, yang memiliki reputasi baik, stok produk lengkap dan berjumlah banyak, serta layanan pelanggan yang bagus.

2. Bangun Toko Online

Menjalankan bisnis online dengan sistem dropshipping mengharuskan Anda memiliki toko online untuk mempromosikan dan memasarkan produk.

Anda bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, menggunakan website, atau membuat toko online di e-commerce atau marketplace.

Setelah toko jadi, buat katalog produk lengkap dengan foto produk, spesifikasi, hingga deskripsi produk yang informatif dan menarik.

3. Mempromosikan dan Memasarkan Produk

Toko online akan sulit bersaing dengan kompetitor kalau Anda tidak mempromosikan dan memasarkan produk secara aktif.

Anda bisa melakukan promosi dengan menerapkan strategi digital marketing. Misalnya dengan membuat konten promosi di media sosial, menggunakan iklan online, kampanye melalui email marketing, hingga bikin live shopping di e-commerce.

Tujuan melakukan promosi dan pemasaran secara efektif tentu saja untuk meningkatkan visibilitas dan brand image, serta memperbesar peluang terjadinya transaksi penjualan.

4. Menerima Pesanan dan Mengelola Transaksi

Karena rutin melakukan promosi dan memasarkan produk secara aktif, maka wajar kalau bisnis Anda menarik perhatian konsumen. Akhirnya, terciptakan transaksi penjualan.

Artinya, ada konsumen yang melakukan pembelian produk dan sudah melakukan pembayaran. Anda lalu mencatat pesanan mereka, kemudian meneruskannya kepada pemasok atau pemilik produk.

Lakukan pembayaran. Nanti, pemasok yang akan mengemas dan mengirimkan produk kepada konsumen atas nama bisnis Anda (ini tergantung kesepakatan ya).

5. Pantau Pengiriman

Setelah penerimaan uang pembayaran dan meneruskan pesanan, tugas Anda belum selesai lho. Anda tetap harus memantau proses pengiriman produk dari supplier ke konsumen.

Jangan sampai ada keterlambatan penerimaan barang di konsumen, karena bisa mempengaruhi kredibilitas bisnis yang Anda jalankan.

Manfaat Menjalankan Bisnis Sistem Dropship

Manfaat Menjalankan Bisnis Sistem Dropship

1. Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Anda dapat memulai usaha ini tanpa memerlukan modal yang besar, bahkan bisa dimulai tanpa modal. Hal ini karena Anda tidak perlu memiliki dan menyimpan stok produk. Bahkan, tidak perlu memikirkan operasional harian, pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen.

Fokus Anda cukup pada bagaimana menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif dan menciptakan transaksi penjualan sebanyak mungkin, membangun branding, mengembangkan bisnis, dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

2. Biaya Operasional Bisnis Kecil

Dropship adalah cara memiliki bisnis dengan biaya operasional harian yang kecil dibandingkan model bisnis lainnya.

Ini jelas sangat menguntungkan sehingga Anda bisa memusatkan perhatian pada peningkatan keuntungan. Bahkan untuk pembayaran kepada pemasok saja baru Anda lakukan setelah konsumen sudah melakukan transaksi pembayaran, yang artinya produk sudah terjual.

3. Bisa Menjalankan Usaha di Mana Saja

Fleksibilitas dalam pengelolaan bisnis menjadi manfaat lain yang akan Anda dapatkan kalau menjalankan bisnis dengan sistem dropship.

Anda bisa mengelola toko dan berjualan dari mana saja selama perangkat Anda terhubung dengan internet. Hebatnya lagi, toko online Anda ini bisa berjualan selama 24 jam penuh tanpa henti.

4. Produk Jualan Beragam

Keunggulan lain berbisnis secara dropship, Anda bisa menjual beragam produk yang sedang tren dan digemari oleh konsumen, tanpa kebingungan dengan proses penyimpanan dan stok barang.

Ini karena Anda bisa berjualan hanya bermodal foto produk yang menarik, spesifikasi dan deskripsi yang lengkap, serta kemauan untuk menjawab pertanyaan konsumen dengan sabar.

Hanya saja pastikan untuk rutin memperbaharui katalog produk ya. Pastikan produk yang sudah habis masuk dalam kategori produk kosong dan highlight produk-produk unggulan untuk memudahkan pencarian konsumen.

5. Aman dan Minim Risiko

Kerugian finansial akibat stok barang yang menumpuk atau perputaran produk yang lambat bisa Anda minimalisir. Begitupun terkait dengan penipuan atau penjualan tak terbayar. Sebab, Anda baru memproses pesanan konsumen setelah mereka melakukan transaksi pembayaran.

Di sisi lain, pastikan Anda menjalin kerjasama hanya dengan supplier atau pemasok produk yang memiliki kredibilitas, profesional, dan terpercaya. Itulah sebabnya, untuk memutuskan supplier mana yang mau diajak kerjasama, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Nah, Anda sudah tahu apa itu bisnis dropship, cara kerja, dan manfaatnya. Jika sudah ingin banget punya bisnis sendiri, boleh langsung memulai bisnis ini. Tapi kalau masih ragu, cari tahu dulu yuk Keuntungan Dropship dan Kerugian Menjalankan Bisnis Ini.

banner-ireap-lite-cek-profit-per-barang

About

contact whatsapp ireap pos