Franchise Kopi Kenangan – Bagaimana Cara Memulainya?

kenangan coffee franchise

franchise kopi kenangan

Bisnis es kopi kekinian terlihat sangat menjanjikan untuk anda coba geluti, hal ini karena kebiasaan minum kopi yang semakin meningkat di kalangan generasi muda, salah satu merek gerai kopi yang cukup terkenal di kalangan masyarakat yaitu Kopi Kenangan.

Coffee shop yang hampir setiap saat selalu ramai dan menjadi tempat tongkrongan membuat peluang bisnis franchise kopi ini bak air mancur emas yang selalu mencurahkan keberuntungan untuk anda. Dan pasti anda mencoba-coba untuk menaksir perkiraan harga franchise Kopi Kenangan, misalnya.

Salah satu pionir yang memulai persaingan es kopi susu ini adalah Kopi Kenangan, sebagai salah satu perintis rantai kopi grab and go yang pertama kali beroperasi di tahun 2017.

Berlokasi di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta Selatan, didirikan oleh Edward Tirtanata dan James Pranoto ini mampu mencapai break even point hanya dalam 3 bulan. Waktu yang sangat singkat untuk bisnis FnB dengan harga relatif cukup terjangkau kala itu.

Cara Gabung Franchise Kopi Kenangan

Mendapatkan BEP dalam waktu sesingkat itu pasti sangat menggiurkan bukan? Bahkan banyak yang bertanya – tanya, apa bisa Kopi Kenangan di ajak franchise? Atau berapa sih, harga franchise Kopi Kenangan?

Jika anda memiliki keinginan dan pertanyaan demikian, anda harus bergigit jari. Karena Edward Tirtanata selaku CEO Kopi Kenangan mengegaskan untuk saat ini mereka belum ada tanda-tanda untuk ekspansi melalui jalur waralaba atau franchise.

Namun jangan berkecil hati dulu, jika anda memiliki dana yang cukup besar, anda dapat bergabung dengan manajemen Kopi Kenangan sebagai share holder atau salah satu pemegang saham.

Walaupun demikian, diperkirakan nilai valuasi yang bisa anda dapat akan berbeda jika memiliki satu outlet Kopi Kenangan sendiri.

Biaya Modal untuk Membuka Franchise Kopi Kenangan

Banyaknya yang menyukai dan menjadi pelanggan dari kedai kopi satu ini membuat banyak pihak menjadi merasa tertarik untuk mencari tahu terkait dengan cara dan biaya untuk dapat membuka franchise kopi kenangan sendiri.

Hal ini juga dikarenakan brand kopi Kenangan mampu untuk tetap bersaing dengan baik dan mempertahankan kualitas serta popularitas yang dimilikinya di tengah kondisi akan banyaknya pihak yang juga sedang berusaha untuk membuka usaha serupa dengan memanfaatkan adanya franchise.

Namun, hal ini tidak semata-mata langsung membuat pihak pemilik dari Kopi Kenangan ingin mengikuti jalan yang sama untuk mengembangkan bisnis yang dimilikinya.

Tidak adanya franchise kopi kenangan juga dikarenakan banyaknya pihak yang memberikan sokongan dana dari banyak pesohor hingga selebriti internasional untuk mempertahankan bisnis satu ini.

Bahkan hingga pertengahan tahun 2020 lalu, Kopi Kenangan sendiri sudah memiliki hingga lebih dari 324 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa menggunakan sistem waralaba.

Hal ini merupakan sebuah kelebihan yang dimilikinya sehingga membuatnya menjadi semakin terdepan dalam bisnis yang dijalankan ini.

Kopi Kenangan menggunakan metode venture capital untuk berkembang, setelah sukses di tahun pertamanya dan memiliki beberapa outlet, Edward dan James bergerak melakukan pitching ke berbagai perusahaan funding.

Hasilnya di tahun 2018 Kopi Kenangan mendapat suntikan dana sebesar 8 juta dollar dari Alph JWC. Kemudian, Sequioa Capital mengucurkan 20 juta dolar di tahun 2019 hingga Mei 2020 dengan total investasi dari perusahaan funding ini ke Kopi Kenangan mencapai 237 juta dollar.

Sekali lagi, bagi anda yang masih menanyakan harga franchise Kopi Kenangan, jawabannya tidak. Menurut Edward, dengan memutuskan untuk tidak membuka franchise adalah untuk menjaga visi Kopi Kenangan.

Karena menurutnya, dengan franchise bisa membuat setiap outlet bisa terjadi beda kepentingan karena satu dan lain hal, misalnya dalam pemilihan bahan baku yang berbeda sehingga ada perbedaan rasa antar outlet.

Jika ingin berusaha untuk dapat memanfaatkan waralaba yang ada, maka harus menjadi bagian dari manajemen Kopi Kenangan sebagai salah satu pihak pemegang saham yang ada pada bisnis satu ini.

Artinya, jumlah modal yang dipersiapkan tentu saja bukanlah sedikit dan mungkin perlu mempersiapkan dalam jumlah yang lebih besar untuk dapat menjadi pemegang saham bisnis kopi kenangan.

Bisnis Lancar dengan Aplikasi Kasir iReap

Meskipun tidak ada lisensi yang dibuka untuk mendapatkan legalitas akan franchise kopi kenangan, hal ini tidak perlu untuk menjadi penghalang dalam membuka bisnis sendiri yang ada.

Gunakan aplikasi kasir iReap untuk dapat membantu dalam melihat pertumbuhan usaha yang sedang dijalankan sehingga dapat dimonitor dengan baik. Sumber daya yang lengkap dan baik dapat mendukung bisnis agar berjalan dengan semakin lebih lancar.

Banner-ireap