9 Tips Memilih Point of Sales yang Bagus Sesuai Bisnis

tips-for-choosing-point-of-sales-according-to-business

9 Tips Memilih Point of Sales yang Bagus

Point of Sale (POS) adalah sistem yang menjadi tempat penjual dan pembeli menyelesaikan transaksi jual beli. Umumnya, sistem POS ini bisa Anda gunakan pada perangkat smartphone maupun desktop. Lalu, bagaimana cara memilih Point of Sale yang bagus dan sesuai bisnis? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel iReap ini.

9 Cara Memilih Point of Sale Sesuai Kebutuhan Bisnis

1. Kenali Kebutuhan Bisnis

Sebelum memilih aplikasi Point of Sale, Anda harus tahu dulu kebutuhan usaha Anda. Apakah sistem ini untuk memudahkan tugas kasir saja?

Apakah tersedia manajemen inventory dan pengelolaan stok barang? Apakah tersedia master data dan database pelanggan?

Atau ada kebutuhan lain yang juga menuntut adanya sistem yang komprehensif, seperti stok bahan baku, data pembelian barang dagangan, pencatatan retur, dll.

2. Fitur POS yang Tersedia

Setelah tahu kebutuhan utama bisnis, baru Anda lihat fitur POS yang tersedia. Beberapa fitur POS yang wajib ada, antara lain:..

  • Master Data.
  • Fitur untuk menerima berbagai metode pembayaran, seperti QRIS, kartu kredit, debit, e-money, tunai, dsb.
  • Manajemen stok barang dan inventory.
  • Pengaturan Harga Pokok Penjualan (HPP).
  • Fitur transfer barang antar toko.
  • Fitur resep, product set, sales bill of material.
  • Piutang dan penerimaan barang.
  • Pencatatan biaya operasional bisnis.
  • Absensi karyawan.
  • Dashboard report.
  • Laporan keuangan, laporan penjualan, dan semua laporan transaksi.
  • Berbasis cloud dan bisa bekerja secara offline maupun online.

3. Perangkat dan Instalasi

Mengingat aplikasi POS juga membutuhkan perangkat hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak), maka Anda harus menghitung secara detail kebutuhan perangkat demi memastikan sistem ini bisa bekerja optimal.

Umumnya, Point of Sale bisa digunakan hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet. Namun, untuk bisnis yang lebih kompleks, Anda tetap membutuhkan cash drawer dan printer untuk cetak struk.

Sementara untuk pengelolaan, manajemen, dan analisis data yang lebih kompleks, misalnya karena Anda menggunakan iReap POS Pro, maka Anda tetap membutuhkan perangkat komputer desktop atau laptop.

Pilih Sistem POS Berbasis Cloud

4. Pilih Sistem POS Berbasis Cloud

Teknologi saat ini sudah sangat canggih sehingga Anda perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk mengelola dan menjalankan bisnis. Dalam hal ini termasuk mengelola dan menyimpan data penting yang berkaitan dengan perkembangan bisnis dan pelanggan.

Oleh karena itu, pilih aplikasi POS berbasis cloud (penyimpanan awan). Alasannya, seluruh data transaksi bisnis maupun data pelanggan akan tersimpan secara online sehingga dapat meminimalkan risiko kehilangan data.

Selain itu, pastikan juga aplikasi POS berbasis cloud yang Anda pilih memiliki kemampuan berikut:

  • Data bisa diakses dari mana saja, kapan saja, bahkan menggunakan perangkat apa saja, selama Anda memiliki akses khusus untuk login ke aplikasinya.
  • Data yang tersimpan di cloud dapat tersinkronisasi secara otomatis dan real time.
  • Memudahkan pengaturan jadwal kerja karyawan, absensi, notifikasi pengadaan barang yang mau habis, pengelolaan stok barang, dan sebagainya.

5. Laporan Keuangan yang Lengkap

Point of Sale penting dalam pengembangan bisnis. Hal ini karena salah satu kemampuannya yang memudahkan Anda mendapatkan laporan penjualan dalam periode tertentu, laporan keuangan, bahkan laporan transaksi lainnya.

Oleh karena itu, lebih baik cek juga mampu tidaknya aplikasi yang akan Anda gunakan menyediakan semua laporan bisnis yang Anda butuhkan secara lengkap, akurat, dan real time. Lalu, pastikan juga penyajian dan tampilan laporannya mudah dipahami, bahkan oleh orang awam yang tak terlalu mengenal istilah-istilah akuntansi.

6. Point of Sale Ramah Pengguna

Aplikasi POS yang membingungkan atau membutuhkan pelatihan secara intensif hanya akan membuat hidup Anda semakin rumit. Belum lagi kalau tenaga kasir yang Anda pekerjakan ternyata belum melek teknologi. Ini jelas tidak praktis, kan?

Untuk itu, aplikasi Point of Sale yang bagus harus memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan. Bahkan penggunaan aplikasi POS bisa dipelajari secara otodidak berkat tersedianya panduan lengkap.

Contohnya aplikasi Poin of Sale iReap POS sudah memiliki panduan lengkap yang bisa Anda cek di websitenya dan masuk ke bagian How To iReap POS.

Dukungan Teknis & Customer Support

7. Dukungan Teknis & Customer Support

Sebelum memilih Point of Sales terbaik untuk usaha apa pun yang Anda jalani, pastikan penyedia layanan memiliki dukungan teknisi dan customer support yang siap membantu Anda, kapan pun Anda butuhkan.

Bantuan di sini tidak hanya sekadar saat terjadi masalah. Tetapi seharusnya customer support mampu memberi dukungan yang responsif ketika terjadi salah pengaturan, menjawab semua pertanyaan yang mungkin masih membingungkan Anda, mengatasi terjadinya kerusakan, update aplikasi, bahkan kendala lain yang bisa saja terjadi.

Dengan adanya dukungan teknisi yang responsif, tentu Anda sebagai pengguna aplikasi Point of Sale akan merasa lebih aman dan nyaman dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

8. Harga Terjangkau Tanpa Ada Add On

Pilihan aplikasi Point of Sale yang bagus adalah yang harganya terjangkau, namun memiliki fitur yang lengkap. Bahkan Anda tidak perlu membayar biaya tambahan ketika ada fitur atau update terbaru yang membuat performa aplikasi POS jadi semakin bagus.

Contohnya, Anda bisa memilih aplikasi Point of Sale iReap POS Pro yang harga langganannya Rp41.667,- / bulan per perangkat kalau membayar langsung satu tahun. Sementara kalau ingin bayar per bulan, maka harga langganan aplikasinya Rp99.000,-

Dengan harga ini, Anda sudah mendapatkan semua fitur. Bahkan ketika ada penambahan fitur baru, seperti Loyalty Program, Anda bisa langsung menggunakannya. Cukup rutin lakukan update aplikasi saja.

9. Perusahaan Pengembang Aplikasi yang Terpercaya

Pastikan memilih aplikasi kasir dari perusahaan pengembang yang terpercaya dan telah memiliki banyak pengalaman di bidang ritel dan industri terkait dengan bisnis Anda. Seperti halnya iReap POS Pro yang dikembangkan oleh PT. Sterling Tulus Cemerlang yang memiliki tim berpengalaman kelas dunia dan sudah 20 tahun berkecimpung dalam industri ritel.

Artinya, pengembangan aplikasi Point of Sale iReap POS ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan berbagai bisnis. Ada dua versi yang tersedia, yaitu versi berbayar iReap POS Pro untuk skala bisnis lebih besar, sementara jika baru memulai bisnis, Anda bisa menggunakan versi gratisnya iReap POS Lite. Untuk tahu kelebihannya, coba cek dulu di sini: Kelebihan Aplikasi Point of Sales Gratis dari iReap.

Selain mempertimbangkan 9 tips memilih point of sale yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan bisnis di atas, Anda juga perlu tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh aplikasi kasir sehingga dikatakan bagus. Untuk itu, coba pelajari lebih lanjut mengenai Syarat Aplikasi Point of Sale (POS) yang Bagus untuk Pebisnis UMKM.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp
contact whatsapp