9 Usaha Sampingan untuk Karyawan Modal Kecil

usaha sampingan untuk karyawan

Usaha Sampingan untuk Karyawan Modal Kecil

Menjadi karyawan bukanlah halangan untuk memiliki bisnis sendiri asalkan Anda tahu cara memulai, menjalankan, dan mengelolanya dengan baik. Ada banyak pilihan usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dimulai dengan modal kecil, tinggal Anda pilih yang paling sesuai dan bisa Anda jalankan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Apa saja sih usaha sampingan modal kecil untuk karyawan? Simak penjelasannya di artikel ini.

9 Jenis Usaha Sampingan yang Bisa Dikerjakan Karyawan

1. Antar Jemput Karyawan Satu Perusahaan

Jika Anda bekerja dengan membawa mobil jenis van atau MPV yang bisa muat 6-7 orang, coba berdayakan mobil Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya, mulailah dengan usaha sampingan antar jemput karyawan yang bekerja satu perusahaan dengan Anda.

Untuk memulai usaha sampingan antar jemput karyawan ini, Anda perlu melakukan survei dulu dan carilah beberapa informasi berikut:

  • Karyawan satu kantor yang berangkat dan pulang kerja naik kendaraan umum.
  • Karyawan yang tempat tinggalnya berada satu jalur dengan tempat tinggal Anda.
  • Karyawan yang mau ikut antar jemput yang Anda tawarkan.

Setelah mendapatkan informasi di atas, hitung berapa biaya antar jemput per orang dan bagaimana sistem penjemputan dan pengantaran setiap orang sehingga bisa tiba tepat waktu di tempat tujuan.

Dengan menjalankan usaha sampingan antar jemput karyawan ini, Anda bisa menghemat biaya transport berangkat dan pulang kerja.

Di saat yang sama, Anda juga menciptakan peluang bisnis yang positif, yaitu mendapatkan penghasilan tambahan serta menyediakan kendaraan untuk karyawan yang juga ingin berangkat dan pulang kerja dengan nyaman.

2. Konsultan

Menjadi karyawan di suatu perusahaan membuktikan kalau Anda memiliki keahlian di bidang tertentu yang sudah terbukti kredibel. Maka bermodalkan keahlian tersebut, Anda bisa lho menjalankan usaha sampingan sebagai konsultan.

Contohnya, Anda adalah seorang ahli di bidang teknologi informasi (IT) yang punya pengalaman dalam hal keamanan cyber. Nah, Anda bisa membuka jasa konsultan cyber security untuk perusahaan lain di sela waktu luang Anda.

Menjadi konsultan tak hanya memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga bisa sekalian berbagi pengetahuan, membantu bisnis orang lain bertumbuh, bahkan meningkatkan personal branding Anda sebagai ahli di bidang yang Anda tekuni.

Menjual Produk Digital di Internet

3. Menjual Produk Digital di Internet

Di era digital seperti sekarang, ada banyak produk digital yang bisa jadi peluang usaha asalkan Anda bisa memanfaatkannya. Beberapa contoh produk digital, seperti jurnal online, e-book, template website, foto, video, aplikasi game, kuas digital, planner digital, dan sebagainya.

Nah, Anda tinggal mengasah kemampuan untuk bisa membuat berbagai produk digital tersebut sembari mengisi waktu luang di sela pekerjaan Anda sebagai karyawan. Atau yang paling mudah, kumpulkan saja foto dan video, kemudian jual di berbagai marketplace produk digital, seperti Shutterstock, Canva, dan lainnya.

Supaya bisnis Anda cepat berkembang, mulailah mengelola stok barang digital yang Anda jual menggunakan aplikasi kasir android, seperti iReap Pos. Aplikasi kasir iReap ini tidak hanya untuk mencatat penjualan saja, tetapi juga bisa mengelola stok barang dan manajemen inventory lho. Kalau penasaran, langsung download aplikasinya dengan klik banner di bawah ini:

download iREAP POS PRO

4. Pengajar di Lembaga Kursus Online

Dunia pembelajaran tidak pernah berhenti melaju. Ada banyak kalangan yang membutuhkan kursus, pelatihan, webinar, maupun bootcamp, dan rela membayar dengan jumlah besar demi mendapatkan ilmu dan keterampilan baru.

Kamu dapat memanfaatkan peluang adanya berbagai lembaga kursus online untuk menjadi pengajar kursus online. Waktu mengajar di lembaga kursus ini lebih fleksibel, bisa dalam bentuk rekaman video, dan Anda juga bisa menyesuaikan materi pelajaran dengan keterampilan yang Anda miliki.

Contoh beberapa keterampilan yang cukup banyak dibutuhkan saat ini, antara lain kursus membuat kue online, pengembangan diri, digital marketing, kursus bahasa asing online, Search Engine Optimization, pembuatan website, dan sebagainya.

5. Affiliate Marketing

Program affiliate marketing adalah metode untuk mendapatkan penghasilan dengan cara mempromosikan produk atau layanan dari suatu bisnis. Setiap kali Anda membawa pelanggan melalui tautan afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi.

Banyak platform online menawarkan program afiliasi, sehingga Anda bisa memilih produk serta layanan yang relevan dengan minat dan pengetahuan. Untuk memulai usaha sampingan ini, ikuti langkah berikut:

  • Mendaftar program afiliasi di platform affiliate marketing untuk mendapatkan tautan afiliasi unik.
  • Mempromosikan tautan afiliasi milik Anda di berbagai platform, bisa di media sosial, konten di blog, email marketing, bahkan menggunakan iklan online.
  • Evaluasi dan pelacakan hasil klik pada tautan afiliasi.
  • Mendapatkan komisi dari setiap klik pada link tautan atau ketika ada pelanggan yang melakukan pembelian. Besarnya komisi biasanya sudah ada ketentuannya sendiri atau berdasarkan kesepakatan.

6. Bisnis Kuliner Sistem PO

Jika memiliki keahlian di bidang kuliner, kamu bisa mencoba usaha sampingan dengan membuka bisnis kuliner sistem sistem Purchase Order (PO). Misalnya membuka katering khusus makan siang untuk karyawan yang bekerja di kantor yang sama dengan Anda.

Contoh lain, Anda juga bisa mengkhususkan diri menerima pesanan kue ulang tahun atau makanan untuk weekend, jadi buka PO-nya hanya di hari libur kerja saja.

Keuntungan sistem PO, Anda hanya membuat produk kue, cemilan, atau berbagai menu makanan berdasarkan pesanan sehingga potensi kerugian bisa diminimalkan.

Agar bisnis cepat berkembang, pastikan menggunakan bahan baku yang segar dan berkualitas, memanfaatkan manajemen stok barang yang detail menggunakan aplikasi kasir android iReap sehingga bisa sekaligus memudahkan pelacakan pesanan dan penjualan.

Bisnis Rumahan

7. Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan adalah salah satu cara yang populer untuk meningkatkan penghasilan setelah jam kerja utama tanpa harus meninggalkan rumah. Contoh bisnis rumahan yang bisa kamu coba, yaitu berjualan pulsa elektrik dan paket internet.

Membuka toko kelontong dan laundry kiloan juga bisa jadi pilihan memulai bisnis rumahan. Tinggal cari saja pegawai yang bisa dipercaya, kemudian gunakan aplikasi kasir android iReap untuk memantau pengelolaan dan pencatatan keuangan bisnis.

Sistem yang ada pada aplikasi kasir android iReap Pos memungkinkan Anda memantau bisnis dari jarak jauh kok, bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh pegawai, sembari Anda menjalankan tugas utama sebagai karyawan.

Untuk tahu keuntungan menggunakan aplikasi kasir iReap, baca ulasan lengkapnya pada beberapa artikel berikut:

8. Jadi Freelancer

Menjadi freelancer dapat memberikan fleksibilitas tambahan dalam pekerjaan utama, dan membuka pintu untuk mendapatkan penghasilan dengan cara yang berbeda.

Anda bisa memilih jenis freelancer yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang dimiliki, seperti menjadi penulis lepas, fotografer, jasa penerjemah, jasa pembuatan blog, atau jadi penyedia jasa desain grafis.

9. Jualan Online

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, berjualan online dapat menjadi cara yang cerdas untuk memanfaatkan peluang di luar pekerjaan utama.

Ada banyak produk yang bisa dijual secara online, baik produk buatan sendiri maupun produk orang lain. Lalu berjualannya pun mudah, tinggal membuat akun di berbagai platform e-commerce atau marketplace.

Bagaimana jika tidak memiliki modal dan tidak juga punya produk? Tenang, kamu bisa menjadi reseller dan dropshipper. Butuh ide tambahan untuk ide bisnis online? Cek beberapa artikel berikut:

Bagaimana? Apakah Anda berminat memulai usaha sampingan? Jika iya, pelajari 9 usaha sampingan untuk karyawan modal kecil di atas, kemudian pilih yang paling sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

banner-ireap-pro-monitor-penjualan

About

contact whatsapp
contact whatsapp