Home » Strategi Marketing / Bisnis » 7 Tips Penting yang Bikin Anda Sukses Jadi Dropshipper

7 Tips Penting yang Bikin Anda Sukses Jadi Dropshipper

tips jadi dropshipper sukses

Tips Jadi Dropship Sukses

Strategi bisnis model dropshipping menjadi populer beberapa tahun terakhir karena memungkinkan siapa pun bisa berjualan online tanpa perlu memiliki stok barang. Apakah Anda salah satunya?

Kalau iya, Anda pasti sadar kan ada banyak orang yang akhirnya menjalankan bisnis secara dropship dan menjadi kompetitor Anda. Lalu, bagaimana cara agar sukses jadi dropshipper? Yuk, baca ulasannya di artikel iReap POS kali ini.

Apa Itu Dropship dan Dropshipper?

Dropship adalah model bisnis di mana seorang penjual tidak perlu menyimpan stok barang secara fisik. Sebaliknya, Anda sebagai pemilik bisnis dropship harus bekerja sama dengan supplier atau produsen yang menangani penyimpanan barang hingga pengiriman produk ke konsumen.

Sedangkan dropshipper adalah individu atau perusahaan yang menjalankan model bisnis dropship. Jika menjadi dropshipper, maka Anda akan berperan sebagai perantara antara pelanggan dan supplier.

Tugas dropshipper hanya melakukan promosi dan pemasaran tanpa perlu pusing mengelola stok barang.

Keuntungan yang akan dropshipper dapatkan berasal dari selisih harga antara harga jual yang Anda tetapkan untuk produk dan harga beli yang Anda bayarkan kepada supplier.

Kelebihan utama bisnis sistem dropshipping adalah fleksibilitas dan minimnya modal awal. Artinya, saat Anda memutuskan menjadi dropship, Anda tidak membutuhkan modal besar hanya untuk menyediakan stok awal.

7 Tips yang Bikin Bisnis Dropship Sukses

Cara jadi dropship sangat mudah. Itulah yang kemudian banyak orang mencoba peruntungan menjalankan bisnis sistem ini.

Dengan kata lain, semakin banyak para dropshipper di luar sana, apalagi kalau mereka juga menjual produk yang serupa dengan yang Anda jual, maka tingkat persaingan bisnis jadi semakin ketat.

Mau tak mau, Anda perlu memiliki strategi yang efektif untuk bisa meraih sukses sebagai dropshipper. Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk bikin bisnis dropship Anda mencapai sukses:

Bangun Brand Identity yang Unik untuk Toko Online

1. Bangun Brand Identity yang Unik untuk Toko Online

Brand identity atau identitas merek menjadi elemen kunci untuk meraih kesuksesan dalam bisnis dropshipping. Ini artinya, Anda harus memastikan toko online yang Anda bangun memiliki branding yang unik sehingga mudah diingat oleh pelanggan.

Cara membangun brand identity bisa dengan membuat logo yang khas, memilih warna yang mencerminkan nilai-nilai bisnis, dan merumuskan slogan yang memikat.

Memiliki identitas merek yang kuat, memungkinkan Anda membangun kepercayaan pelanggan, menciptakan kesan profesional, meningkatkan kesadaran merek (minimal pelanggan ingat dengan nama toko Anda), dan akhirnya membuat Anda bisa memenangkan persaingan dalam bisnis bisnis dropshipping.

2. Ada Ciri Khas dalam Semua Materi Promosi

Setiap elemen promosi, termasuk deskripsi produk hingga postingan media sosial, perlu memiliki ciri khas yang mencerminkan karakteristik unik dari bisnis Anda.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan promosi ditentukan oleh daya tarik visual yang kuat, termasuk membangun ketertarikan pelanggan dengan produk yang Anda sisipkan dalam materi promosi.

Namun tetap saja Anda perlu membuat “sesuatu” yang bisa membuat konsumen mengingat bisnis Anda walau hanya dengan melihat logo, warna tertentu, tagline, dan sebagainya. Contohnya, warna oranye identik dengan Shopee, warna hijau dikenali sebagai marketplace Tokopedia, dan sebagainya.

Jadi, ayo ciptakan ciri khas yang menjadi identitas brand dan pastikan ciri khas tersebut ada di semua materi promosi yang Anda publikasikan.

3. Atur dan Kelola Produk di Toko Online Secara Berkala

Jangan biarkan toko online Anda kehilangan daya tarik dengan menawarkan produk yang sudah tidak relevan atau stok yang habis.

Selalu lakukan pengaturan dan manajemen produk secara rutin dengan memperbarui katalog produk, menambahkan produk baru, dan memastikan setiap item sudah memiliki deskripsi yang menarik.

Di saat yang sama, Anda perlu memastikan adanya pembaharuan rutin terkait variasi produk demi meningkatkan rasa penasaran konsumen untuk terus berkunjung ke toko Anda.

4. Rutin Melakukan Analisis Bisnis & Keuntungan

Ingin sukses sebagai dropshipper? Jelas ya, semua pemilik bisnis dropship ingin mencapai kesuksesan, entah dalam bentuk keuntungan yang besar, pengembangan bisnis dengan memiliki banyak cabang, dan sebagainya.

Supaya semua impian tersebut tercapai, Anda perlu melakukan evaluasi dan analisis bisnis secara rutin, baik memahami kinerja bisnis secara keseluruhan berdasarkan data yang valid, hingga menganalisis keuntungan yang Anda dapatkan.

Selain itu, cari tahu pula beberapa hal berikut saat melakukan analisis bisnis:

  • Produk apa saja yang banyak peminatnya sehingga Anda bisa terus memastikan ketersediaan produk.
  • Kenali pelanggan setia dan beri penghargaan kepada mereka berupa voucher diskon paket benefit lain, atau buat saja loyalty program.
  • Amati tren pasar yang sedang berlangsung supaya Anda bisa cepat beradaptasi ketika terjadi perubahan tren.

Dengan memiliki semua data di atas secara real time, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas untuk mengoptimalkan strategi penjualan dan memperkuat posisi bisnis dalam pasar yang kompetitif.

Buat Website untuk Branding

5. Buat Website untuk Branding

Walaupun Anda tidak perlu mengelola stok produk secara langsung dalam bisnis dropship, memiliki website yang profesional dan responsif tetap menjadi kunci penting yang bisa membantu Anda mencapai sukses.

Website merupakan wajah dari bisnis online Anda. Oleh karena itu, pastikan situs web bisnis milik Anda tersebut memiliki navigasi yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan melakukan pencarian produk.

Lalu, buat tampilan situs yang menarik, dan secara berkala sediakan berbagai konten yang informatif dan bisa menjadi solusi ketika pelanggan menghadapi suatu masalah tertentu yang masih berkaitan dengan bisnis atau produk yang Anda tawarkan.

6. Implementasi Strategi Digital Marketing yang Efektif

Kesuksesan bisnis dropshipping sangat tergantung pada keberhasilan strategi pemasaran yang Anda terapkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengupayakan implementasi strategi digital marketing yang efektif untuk dapat membuat bisnis Anda mudah ditemukan konsumen.

Caranya bisa dengan memanfaatkan kekuatan media sosial sebagai media promosi online, menerapkan strategi social media marketing, memasang iklan online, dan melakukan optimasi mesin pencari (SEO).

Anda juga bisa bekerja sama dengan banyak pihak untuk membuat digital campaign yang kreatif sesuai kebutuhan pasar demi memperluas jangkauan pemasaran yang Anda lakukan di pasar digital.

7. Lakukan Pencatatan Transaksi dan Pembayaran Sistem Dropship

Bisnis yang sukses hanya dapat terjadi kalau Anda rutin melakukan pencatatan semua transaksi bisnis. Mengapa? Ini sudah jelas ya. Bisnis akan sulit berkembang kalau Anda tidak tahu dengan pasti apakah bisnis Anda untung atau rugi.

Untuk itu, gunakan alat yang bisa memudahkan Anda melakukan pencatatan transaksi, misalnya menggunakan aplikasi kasir android iReap POS.

Aplikasi kasir iReap POS ini memiliki fitur yang lengkap untuk mencatat semua transaksi penjualan, membuat master data produk yang memudahkan proses melayani pembeli, manajemen inventory dan stok barang, bahkan bisa secara otomatis menyajikan laporan keuangan bisnis secara real time.

iReap POS juga merupakan sistem pembayaran dropship yang handal dengan berbagai jenis metode pembayaran, mulai dari transfer bank, dompet digital, hingga QRIS. Keandalan sistem ini tidak hanya membantu mengurangi risiko kesalahan administratif, tetapi juga memberikan pengalaman pelanggan yang cepat.

Menjadi seorang dropshipper sukses bukanlah hal yang mustahil, terutama kalau Anda menerapkan 7 tips penting yang bikin Anda sukses sebagai dropshipper. Apalagi kalau Anda juga melakukan pencatatan keuangan transaksi yang rapi dan lengkap. Ngomong-ngomong sudah tahu belum bagaimana sih sebaiknya mencatat keuangan bisnis dropship? Kalau belum tahu, pelajari saja di sini: Cara Mencatat Transaksi Bisnis Dropship.

banner-ireap-lite-cek-profit-per-barang

About

contact whatsapp ireap pos